Cari di Blog ini

Jan 10, 2024

Nama Tanjak (Penutup Kepala) Melayu

Location: Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Apa itu tanjak?

Tanjak adalah penutup kepala tradisional yang biasa digunakan oleh laki-laki pada suku Melayu, baik muda, remaja maupun dewasa. Penutup kepala ini terbuat dari kain yang diikatkan pada kepala, dengan bagian atasnya dibuat berbentuk runcing, segitiga dan ditekuk sedemikian rupa. Bagi kaum bangsawan, tanjak merupakan salahsatu perlengkapan pakaian adat yang wajib dipakai dalam berbagai aktivitas. Biasanya tanjak kalangan atas, memiliki hiasan khusus yang menunjukkan posisinya dimasyarakat. Berbeda halnya dengan masyarakat biasa yang menggunakannya, berbahan kain biasa tanpa ada identitas derajat.

Istilah tanjak berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti naik keatas atau menjulang ke tempat yang tinggi. Kata lain dari penutup kepala tradisional Melayu ini adalah tengkolok. Fungsi dari tanjak secara umum adalah pelengkap busana adat sebagai penutup kepada, penunjuk identitas suku, merapikan tampilan kepala dan rambut, serta memberi kesan gagah bagi pria Melayu. Selain itu, tanjak juga memberikan makna sifat kesetaraan kedudukan bagi setiap bangsa Melayu, karena bangsawan dan juga rakyat jelata sama-sama menggunakan ikat kepala dari bahan kain. Sebagaimana karakter Melayu yang egaliter.

Sebagian pihak berpendapat bahwa, tanjak atau tengkolok sudah ada sejak zaman kerajaan Melaka dan Sri Wijaya. Suku Melayu di Nusantara sudah menggunakan tanjak secara turun temurun sejak zaman dahulu, yang menjadikannya sebagai ciri khas kebangsaan.

Bentuk tanjak setiap daerah di Nusantara berbeda-beda, hal inilah yang menjadikan penanda asal serta keberadaan seseorang. Selain bahan, lipatan kain, simpul dan juga hiasan yang disematkan menjadi identitas serta tanda pengenal asal pengguna tanjak.










cerdit to: https://www.facebook.com/spongebob.cutez

No comments:

Post a Comment

Copyright © Fauzi Blog